Monday 19 October 2015

Cara menghitung luas dalam meter persegi






Meter persegi adalah ukuran luas dan  biasanya digunakan untuk mengukur bidang datar, seperti lantai atau lapangan . Sebagai contohnya, anda bisa mengukur luas sofa dalam meter persegi , kemudian mengukur luas ruang tagamu rumah anda juga dalam meter persegi untuk menentukan apakah sofa tersebut muat dalam di dalamnya. Jika anda hanya memiliki penggaris atau meteran yang menggunakan satuan ukuran lain ( bukan dalam meter ) , anda masih bisa menggunakannya sebagai alat ukur, hanya saja kemudian anda perlu mengkonversi hasil ke dalam meter persegi.



1Pilih penggaris atau meteran yang akan Anda gunakan. Pilih penggaris atau meteran dalam satuan meter (m) atau sentimeter (cm) yang tercetak di atasnya. Alat ini akan membuat Anda lebih mudah untuk menghitung luas dalam satuan meter persegi, karena telah dirancang dengan satuan ukuran yang sama.

2.Ukur panjang area. Meter persegi adalah satuan luas, atau ukuran benda dua dimensi seperti lantai atau apangan. Gunakan alat ukur Anda untuk mengukur satu sisi benda dari ujung satu ke ujung lainnya. Kemudian tuliskan hasilnya.

3.Jika Anda tidak bisa mengukur seluruh panjang benda dalam sekali waktu, lakukanlah secara bertahap. Ukur dengan alat ukur Anda, kemudian letakkan batu atau benda kecil lainnya tepat di titik akhirnya, sebagai penanda (seperti 1 meter atau 25 sentimeter). Ambil alat ukur Anda dan lakukan pengukuran kembali dimulai dari tanda yang sudah Anda letakkan. Ulangi hingga seluruh panjang benda terukur, dan jumlahkanlah hasil pengukuran Anda.

4.Mengukur lebar benda. Gunakan alat ukur yang sama untuk mengukur lebar benda. Sisi yang Anda ukur dalam tahap ini harus memiliki sudut mendekati 90º dengan sisi yang Anda ukur sebelumnya. Tuliskan hasil pengukuran lebar yang Anda peroleh. Terkecuali jika benda yang Anda ukur jauh lebih kecil dari 1 meter, Anda bisa membulatkan hasilnya ke sentimeter terdekat yang Anda peroleh saat melakukan pengukuran. Sebagai contoh, jika lebar yang Anda peroleh adalah 1 meter 8 sentimeter, gunakanlah '"1m 8cm" sebagai hasil pengukuran Anda, tanpa menggunakan satuan ukuran milimeter atau desimal lainnya.

5.Ubah satuan sentimeter menjadi meter. Biasanya hasil pengukuran tidak akan benar-benar tepat dalam meter, dan Anda akan mendapatkan hasil dalam meter dan sentimeter., sebagai contohnya "2 meter 35 sentimeter." Karena 1 sentimeter = 0,01 meter, Anda bisa mengubah ukuran sentimeter dengan memindahkan dua angka desimal ke kiri. Berikut ini adalah beberapa contohnya:
  • 35 cm = 0,35 m, jadi 2 m 35 cm = 2 m + 0,35 m = 2,35 m
  • 8 cm = 0,08 m, jadi 1 m 8 cm = 1,08m
6.Kalikan nilai panjang dan lebar yang Anda peroleh. Setelah kedua sisi Anda ukur dan diubah ke dalam satuan meter, kalikan keduanya untuk mendapatkan nilai luas dalam satuan meter persegi. Gunakan kalkulator jika perlu. Sebagai contohnya:
  • 2,35 m x 1,08 m = 2,5272 meter persegi (m2).
7.Bulatkan hasil pengukuran Anda. Jika Anda mendapatkan hasil pengukuran dengan banyak angka desimal, sebagai contohnya 2,572 meter persegi, Anda mungkin perlu membulatkannya menjadi angka dengan lebih sedikit angka desimal, sebagai contohnya menjadi 2,53 meter persegi. Faktanya, karena Anda mungkin tidak melakukan pengukuran dengan tepat, angka terakhir dalam hasil yang Anda peroleh juga mungkin saja tidak tepat. Dalam banyak kasus, Anda bisa membulatkan hingga ke nilai sentimeter terdekat (0,01 m). Untuk hasil pengukuran yang lebih akurat, cobalah cara membulatkan ke angka yang siginifikan.
  • Kapanpun Anda mengalikan dua angka dengan satuan yang sama (sebagai contohnya meter), hasilnya selalu akan dinyatakan dalam persegi satuan tersebut (m2, atau meter persegi).

No comments:
Write comments

ads slot